Minggu, 25 September 2011

Membuat kabel cross dan strigth

·

Mungkin teman-teman sudah banyak mengerti tentang kabel cross dan strigth. benar... kabel cross dan strigth merupakan kabel jaringan yang menghubungkan antar PC dan juga internet. ADMIN g begitu suka ngomong, so... kita langsung ke pembahasan.



Sebelumnya kita akan mengenal macam-macam peralatan yang sering di pakai untuk membuat ke-2 kabel ini.


1. KABEL UTP

Kabel ini terdiri dari Delapan ( 8 ) kawat yang masing-masing di bungkus dengan karet yang berbeda warna. kemudian di bungkus lagi menjadi satu.








2. Konektor RJ45













3. Tank Kriping












Selanjutnya kita akan perkenalan dulu dengan kabel UTP, di dalama kabel UTP terdapat 8 warna kabel yang berbeda. berikut daftar warna tsb.

1.  orange
2.  hijau
3.  biru
4.  coklat
5.  putih coklat
6.  putih biru
7.  putih hijau
8.  putih orange

Terserah bagaimana kamu mengurutkanya.

Selama ini kita slalu menggunakan kedelapan warna tersebut. sedangkan sebenarnya kita bisa menggunakan 4 warna saja untuk membuat kabel Cross dan strigth. sebagai contoh kita akan menggunakan urutan warna 1-4 di daftar warna di atas. bagaimana cara membuat-nya..? oke... biasanya tugas dari bapak guru kita harus membuat kabel Cross dan strigth menurut aturan Internasional. namun dari pada kita pusing untuk menghafal urutan2 warna tadi, lebih baik kita akali saja.

1. Kabel Strigth,  memiliki kombinasi warna yang sama di ke-2 ujung RJ45. jadi urutkan saja warna-warna kabel sesuka hatimu. yang penting urutanya sama di kedua RJ45-nya. Selesai....

2. Kabel Cross,  sebelumnya buatlah satu urutan warna di RJ45 yang pertama, Yang perlu kita ingat adalah angka 1-3 dan 2-6. yang artinya di RJ45 yang kedua kamu harus menukar posisi warna baris ke-1 pada RJ45 yang pertama kebaris ke-3 di RJ 45 yang kedua. dan baris kedua di RJ45 yang pertama di tukar dengan warna kabel di baris ke-6 di RJ45 yang kedua.
         kamu cukup memindah empat kabel itu saja. sedangkan yang lainya kamu abaikan urutanya. meskipun salah urutanya tetep masih bisa digunakan. yang penting 1-3 dan 2-6 sudah benar.

SEMOGA BERMANFAAT dan jangan ditiru jika apa yang kamu lakukan merupakan tugas dari bapak guru. bisa dapat nilai NOL BESAR... hahahhahahahhaa.................

 
 
  

0 komentar: