Selasa, 20 September 2011

Mengenal komponen Komputer

·

Penjelasan alat dan bahan
            Definisi Peralatan
            Dalam subuah PC (Personal Computer) secara gratis besar terdapat tiga bagian, dan semua bagian ini sangat berhubungan satu sama lain. Bagian ini adalah







Input device
            Input device merupakan perintah yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. Input device berupa keyboard, mouse, trackball, scanner, mic, joystick, dan sebagainya.
1. Keyboard
            Keyboard adalah termasuk peralatan input device yaitu peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Macam-macam keyboard :
ü      Keyboard Serial
ü      Keyboard PS/2
ü      Keyboard Wirelles
ü      Keyboard USB

Gambar 1.1 Keyboard

2. Mouse
            Mouse juga termasuk input device mouse disini berfungsi untuk membantu dalam memberikan perintah kepada komputer dalam bentuk pointer. Secara fisik mouse terbagi atas 4 , yaitu :
Ø      Mouse serial
Ø      Mouse PS/2
Ø      Mouse wirelless
Ø      Mouse USB


Gambar1.2 Mouse


3. Trackball
            Secara umum, trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse. Yang membedakan pada trackball adalah bentuknya yang menyerupai bola. Sehingga pemilihan pointer jadi lebih selektif.

Gambar 1.3 Mouse Trackball



4. Scanner
            Scanner berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer dan memiliki prinsip kerja yang sama dengan mesin dan handle scanner. Saat ini, beberapa scanner telah dilengkapi dengan OCR dan software yang mampu membaca citra digital sebagai text dapat langung diedit dalam komputer oleh perangkat lunka pengolah kata.


Gambar1.4 Scanner
Process Device
            Process device ini merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah komputer. Karena semua perintah yang dimasukan dari input akan langsung di process. Process device ini berupa motherboard, processor, memori card, memori eksternal (hard disk, floppy disk drive, Cd Rom)dan tambahan lain-nya adalah  Vga Card, Sound Card, Lan Card).

5. CPU (Central Processing Unit)
            CPU (Central Processing Unit) merupakan bagian yang ada pada personal komputer. Karena didalamn CPU ini terdapat berbagai komponen-komponen diantaranya adalah motherboard, processor, hard disk, sound card, RAM /memori, lan card dan sebagainya.



Gambar 1.5 CPU

6. Mother Board
Mother Board sering disingkat dengan MOBO. Merupakan papan sirkuit tempat tinggal segenap komponen utama PC, seperti Processor, RAM (Random Acces Memory) dan berbagai kartu tambahan lainnya.

Gambar 2.1 Motherboard


7. Processor
            Chip utama yang menjadi otak dari komputer. Seluruh kegiatan pemrosessan data dalam komputer di motori oleh processor. Kecepatannya diukur dalam skala Hz. Sepeti MHz dan GHz. Processor terbaru saat ini sudah berkecepatan diatas 3 GHz. Saat ini perkembang processor cukup cepat salah satu perusahan laptop atau yang biasa disebut note book yaitu Perusahaan Intel. Intel saat ini mempunyai dua processor diatas pentium yaitu Intel Core 2 Duo dan Intel Centrino Duo.




Gambar 2.2 Processor


8. RAM (Random Access Memory)
            Kartu memory ada beberapa tipe diantaranya SDRAM (Symcrhoronous Dynamic Random Access Memory), DDRRAM (Double data Rate), dan RDRAM (Rambus Dynamic) sesuai dukungan yang disesuaikan dukungan motherboard anda.

Gambar 2.3 RAM

9. Hard Disk
            Media simpan yang bisa menemoung data hingga Puluhan Giga Byte (Gb). Pilihan yang memiliki kecepatan 7200 rpm. Saat ini hard disk sudah berkembang dari segi kapasitas dan kekuatan. Hard disk saat ada yang mencapai 250 GB bahkan diatas-nya.

Gambar 2.4 Hard Disk

10. Floppy Disk Drive
            Drive untuk membaca data dari disket atau floppy disk 1,44 Mb, Sekaligus menulis data kedalamnya. Floppy disk drive mempunyai kecepatan untuk memutar disket yaitu 300 rpm atau 360 rpm sewaktu disk berputar, head dapat bergerka keluar atau kedalam sekitar 1 inchi. Sekarang jarang dipakai dan tergantikan dengan media simpan USB Flash Memori.

Gambar 2.5 Floppy Disk drive


11. CD ROM
            Drive untuk memutar berbagai CD, DVD, dan VCD. Tambahan RW dibelakangnya menandakan kemampuannya untuk menulis dan Menghapus Data. Perkembang cd saat ini adalah adanya DVD COMBO digunakan untuk memutar CD atau DVD dan dilengkapi dengan CD RW.

Gambar 3.1 CD ROM biasa dan CD ROM RW merek Samsung


12. NIC (Network Interface Card)
            NIC atau yang biasa disebut LAN Card, saat ini menjadi suatu peralatan Standar, Khususnya bagi pendidikan dan perkantoran yang telah menerapkan sisitem jaringan. Karena LAN Card berfungsi untuk menhubungkan antara komputer satu dengan komputer lain sehingga dapat saling berbagi data/Share data.
Gambar 3.2 LAN Card

13. VGA (Video Graphic Array)
            VGA (Vidoe Graphic Array) merupakan kartu tambahan pada motherboard untuk menerjemahkan bahasa gambar yang disalurkan CPU ke Monitor. Kebanyakan motherboard sekarang telah menggunakan kartu VGA AGP (Accelelator Graphic Processor) tersendiri. Kartu VGA AGP ada dua jenis : tegangan 1,5 Volt dan 3,3 Volt yang banyak beredar sekarang jenis 1,5 Volt.
Gambar 3.3 VGA (Video Graphic Array)


14. Sound Card
            Sound Card berfungsi untuk memproses uotput berupa suara dan musik yang kemudian diteruskan kepada speaker. Sound card juga dapat digunakan sebagai alat input untuk joystick yang digunakan untuk bermain game. Perkembang sound card juga semaikn berkembang. Saat ini sound card bukan hanya digunakan untuk bermain game tetapi juga juga menyemarakan aplikasi-apliksi multimedia.

Gambar 3.4 Sound Card

Output Device

            Output device merupakan peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil pengolahan data yang telah diproses oleh process device ini berupa monitor, printer, plotter dan speaker.

15. Monitor
            Monitor adalah termasuk dalam output device yaitu peralatan yang digunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau yang dilakukan oleh komputer. Secara umum monitor terbagi atas :
v     CRT (Cathode Rays Tube)
Yaitu merupakan monitor yang berfungsi dengan prinsip penembakan sinar katoda. Bentuk fisik monitor ini sam dengan televisi namun secara umum hanya terdiri dari 4 blok, yaitu video, vertikal, horisontal, dan power supply. Monitor tipe ini memiliki beberap kelemahan antara lain : membutuhkan daya yang cukup besar, menghasilkan panas yng sukup tinggi.



Gambar 3.5 Monitor CRT (Cathode Rays Tube)


v     LCD (Liquid Crystal Display)
Sistem kerja monitor ini jauh berbeda dibandingkan dengan CRT. LCD menggunakn cairan kristal khusus yang berpendar apabila dilalui oleh sinar listrik. Sehingga menghasilkan bentuk dan warna . kelemahan LCD adalah harganya yang cukup mahal dan komponen fisik yang ada amat rentan terhadap gangguan, namun LCD juga memiliki kelebihan diantaranya yaitu : resolusi tidak terlalu tinggi, hanya memerlukan daya yang rendah.

Gambar 4.1 LCD (Liquid Crystal Display)

16. Printer
            Printer berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan oleh process device. Secara garis besar, printer terbagi menjadi 3 yaitu :
v     Printer Dot Matrix
Jenis printer ini disebut dengan “Dot Matrix” karena hasil cetakan dibentuk oleh jarum pada pita yang membentuk karakter berupa titik-titik yang beraturan. Oleh sebab itu, maka suara yang dihasilkan oleh printer jenis ini jauh lebih besar dan kasar dibandingkan dengan jenis printer lainnya.
Gambar 4.2 Printer Jenis Dot Matrix
v     Printer Inkjet
Sesuai dengan namanya, printer jenis ini mencetak dengan menggunakan semburan tinta cair pada permukaan kertas, sehingga hasil cetakanya jauh lebih bagus, lebih cepat dibandingkan dengan Dot Matrix. Printe ini juga mampu mencetak warna dengan sempurna, bahkan beberapa jenis printer bahkan mampu mencetak dengan kualitas foto dan mampu mencetak pada permukaan selain kertas (plastik atau kain).


Gambar 4.3 Printer Inkjet

v     Printer Laser Jet
Printer jenis ini memiliki kecepatan dan kualitas cetakan yang jauh melampaui Dot Matrix dan Inkjet. Prinsip kerja printer ini amat mirip dengan mesin Photocopy. Yaitu dengan prinsip serbuk tinta dan elemen pamanas. Secara umum, printerini hanya mampu mencetak dengan dua warna (hitam dan putih).


Gambar 4.4 Printer Jenis Laser jet


17. Plotter
            Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sam dengan printer. Yang membedakan secara umu adalah ukuran dan peruntukan dari plotter tersebut. Plotter mampu mencetak kertas dengan ukura A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.


Gambar 4.5 Plotter
18. Speaker
Speaker berfungsi pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar adalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukkan banyak tempat.

Gambar 5.1 Speaker


19. Power Supply
            Power supply adalah suatu kotak logam yang biasanya terletak di pojok casing komputer.di banyak sistem power supply sangat berguna karena sebagai alat yang mengatur kebutuhan tenaga listrik yang dibutuhaknoleh komputer dan sebagai kipas pendingin.


Gambar 5.2 Power Supply

0 komentar: