Senin, 03 Oktober 2011

Mengenal extensi file komputer

·

Apa itu Extension file Pengertian file komputer


File komputer masing-masing memiliki nama. Hampir semua nama file memiliki Extension file. Sebuah Extension file hanyalah sebuah bagian dari nama file komputer. Setiap Extension file memiliki makna tertentu yang membantu komputer untuk mengidentifikasi file tersebut. Namun, beberapa file tidak memiliki Extension. Juga, program jahat kadang-kadang mencoba untuk menyamarkan diri mereka melalui sistem Extension file.

Sejarah

Extension nama file yang membuat penampilan pertama mereka pada 1960-an. Digital Equipment Corporation yang digunakan mereka untuk memecahkan nama file ke nama dasar dan Extension. Microsoft disesuaikan sistem, pertama dengan sistem operasi DOS (OS), kemudian dengan Windows. Dengan DOS, file Extension nama disimpan secara terpisah dari nama dasar, yang bisa dilihat dengan memeriksa direktori file, dengan nama dasar dan Extension yang tercantum dalam kolom terpisah.


Fungsi

Extension file berfungsi untuk mengidentifikasi jenis data yang terdapat dalam file sehingga sistem operasi komputer (OS) tahu bagaimana untuk menghadapinya. Sedangkan nama file dasar harus unik dan tidak bisa sama dengan nama perangkat, Extension file yang dimiliki oleh jenis umum file. Extension file biasanya mengidentifikasi jenis file, tetapi ada pengecualian. Beberapa contoh umum adalah Extension file. Exe untuk file program dieksekusi, doc untuk dokumen Word.,. Wpd untuk dokumen WordPerfect and.jpg untuk grafis atau file foto.


Hukum dan Ilegal Karakter 

Saat ini, Extension file umumnya tiga karakter panjang dan dipisahkan dari nama dasar oleh suatu periode. Pada DOS, nama pangkalan hanya bisa maksimal delapan huruf dan Extension file hanya bisa tiga huruf, tapi ini berubah dengan diluncurkannya Windows 95. Spasi juga tidak diperbolehkan dalam nama file, tetapi ini juga berubah dengan Windows 95. Periode juga diperbolehkan dalam nama file – hanya periode akhir sebelum Extension file diakui oleh komputer.Sampai dengan pertengahan tahun 2009, karakter berikut diizinkan untuk digunakan dalam nama file dan Extension dasar: huruf AZ di kedua atas dan huruf kecil, angka 0-9, ditambah $#&+@!()-{} ‘`_~, dan ruang kosong. Karakter ilegal, atau karakter tidak diperbolehkan untuk digunakan dalam nama file dan Extension, adalah sebagai berikut: |. <> \ ^=?/[]“;* Ditambah karakter kontrol karakter ini diakui oleh komputer dan diberi arti khusus, sehingga menggunakan mereka dalam nama file atau Extension dapat menyebabkan masalah dengan OS.


Windows vs Macintosh dan UNIX 

Sebelumnya, baik UNIX maupun Macintosh atau OS komputer Apple menggunakan Extension file. Sistem ini memiliki metode mereka sendiri menugaskan nama file, bersama dengan konvensi yang berbeda untuk menyimpan metadata. Sebagai contoh, sistem UNIX akan menyimpan semua informasi sebagai string tunggal. Macintosh dan Apple, di sisi lain, akan menyimpan data menggunakan kode tertentu yang terkandung dalam file itu sendiri.Namun, pangsa pasar yang luar biasa dari Windows berarti bahwa menggunakan Extension file telah menjadi konvensi penamaan file standar untuk komputer Macintosh juga, dimulai dengan Mac OS X. Namun, penamaan file masih berbeda antara Windows dan OS UNIX berbasis komputer. Nama file windows tidak case sensitif, sedangkan nama file UNIX.


Program berbahaya

Program jahat kadang-kadang menyamarkan diri mereka dengan menghadirkan diri dengan Extension file tidak berbahaya, seperti doc atau. Pdf (untuk file Adobe Acrobat).. Namun, program jahat benar-benar memiliki Extension file tersembunyi yang mengungkapkan sifat sejati mereka sebagai kode dieksekusi.Sebagai contoh, sebuah Trojan (file berbahaya) dapat hadir sebagai Janeresume.doc, tetapi nama file penuh sebenarnya akan Janeresume.doc.exe, dengan periode akhir dan nama file yang komputer apa sebenarnya mengakui. Untuk alasan ini, pengguna PC terutama disarankan untuk menetapkan preferensi komputer mereka sehingga nama file dan Extension yang terungkap bukan tersembunyi. Ini akan mengungkap banyak, tapi tidak semua, program berbahaya.


 Contoh extensi-extensi file

 asm (Source code pemrograman Assembly) aplikasi yang digunakan = Sembarang teks editor, seperti MS Word, NotePad, Wordpad

bat (Teks)  aplikasi yang digunakan = MS Word, Notepad, WordPad, Edit (pd DOS prompt)

bmp (image) aplikasi yang digunakan =  Sembarang image editor, seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint, dll

cdr  (Corel Draw)

doc (Docoument) aplikasi yang digunakan = MS Word MS Word

exe (Aplikasi) Merupakan file aplikasi

fon File font Font Viewer

htm, html, shtml (Internet Document) aplikasi yang digunakan = Netscape Navigator, MS Internet Explorer, NeoPlanet

gif (Image) , animasi Sembarang image editor. Sedangkan untuk membuat animasinya gunakan Ulead Gif Animator, Gif Construction Set, dll.

ico (File icon) contoh : Microangelo

jpg/jpeg (Image) aplikasi yang digunakan = Sembarang image editor, seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint.

log (File log) aplikasi yang digunakan = Sembarang teks editor

mp3 (Audio) contoh aplikasi yang digunakan = WinAmp

pas (Source code bahasa pemrograman Pascal/Delphi)

pdf  (Adobe Acrobat Reader)

psd (Image Adobe PhotoShop)

reg (File registry Regedit), untuk mengedit gunakan sembarang teks editor

ttf (File font Font Viewer)

txt (Teks)

zip (File kompresi WinZip), WinRar

dan masih banyak yang lain-ya

0 komentar: